SIRIKEMUNING-SAMPANG MADURA

SIRIKEMUNING-SAMPANG MADURA
rame-rame

Jumat, 13 Januari 2012

jiwa entrepreneur

JIWA KEWIRAUSAHAAN
(Jiwa Enterpreneur)
a.    Deskripsi
Beberapa tahun belakangan ini masalah yang berkaitan dengan kewirausahan banyak diperbincangkan, hal ini dikarenakan dengan berwirausahaan menjadikan hidup teridak tergantung dengan pihak lain. Namun kebanyakan masyakakat belum memahami betul tentang masalah “berwirausaha”, jiwa enterpreneur  serta tujuannya.n
Jiwa enterpreneur  adalah suatu sifat yang dimiliki seseorang untuk membuka usaha sendiri. Seseorang yang memiliki jiwa enterpreneur cenderung mendabakan kebebasan dalam hidupnya tidak mau bergantung terhadap pihak lain, artinya mereka adalah orang yang menguasai situasi bukan mereka yang dikuasai situasi artinya mereka bisa mengolah keadaan disekitar mereka, karena mereka bisa mengambil peluang disetiap ada kesempatan.  Seorang enterpreneur adalah seseorang yang bertindak, mengambil tanggung jawab bagi sebuah bisnis dan bersedia menanggung risiko yang timbul karenanya.
Dalam masyarakat umumnya menganggap tujuan utama dari seorang enterpreneur adalah mendapakan kemakmuran, karena uang adalah tujuan mereka. Namun pada kenyataanya faktor kebebasan inovasi, dan uang adalah simbol kesuksesan. Sebenarnya bisnis yang di niati karena uang maka justru jarang berhasil, karena kebanyakan mereka hanya ingin mengejar finansial tanpa memperdulikan aspek-aspek disekitarnya. “kesuksesan adalah perjalanan bukan sebuah tujuan”.

b.    Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam berwirausahaan
·         Analasis SWOT ( streght, weak, oportunity and treat), hal ini sangat penting untuk pertimbangan pengambilan keputusan.
·         Berani mengambil resiko: setiap pengambilan keputusan tentunya ada sebuah resiko. Dalam melakukan wirausaha memiliki resiko yaitu Rugi. Walaupun hal ini tidak diharapkan namun sebagai enterpreneur harus mepersiapkan diri apabila kejadian ini menimpanya pada waktu tertentu.
·         Membangun partnership yang baik. partner tidak hanya untuk urusan bisnis saja namun kita juga harus menciptakan partnership di dalam bisnis dan luar bisnis juga.
c.    Jiwa pemimpin
·         Faktor kepemimpinan sangat diperlukan dalam hal berwirausaha karena dalam berwirausaha kita ditutut untuk memimpin suatu perusahaan walaupun dalam sekala kecil namun pengambilan keputusan harus tepat dan hal ini memerlukan jiwa leadership.
·         Bsa mengarahkan perusahaan: setiap saat perkembngan bisnis berubah berdasarkan selera rakyat, mungkin tahun ini perusahaan sedang mengalami pertubuhan pesat namun belum tenrtu tahun depan pesat juga atau mungkin malah bangrut, nah untuk menangani masalah ini ,aka seorang entrepreneur harus bisa mengarahkan, membuat strategi yang inovatif untuk perkembanagn usahanya.
·         Memberi contoh yang baik untuk bawahan dan rekan bisnis : hal ini mremang tidak secara langsung berdmapak pada keuntungan bisnis namun dengan seorang pemimpin memberi ontoh yang baik pada karyawan atau partner maka karyawan akan mengangap bahwa anda sorang pemimpin yang baik dan pastinya mereka akan mengikuti jejak leader tersebut, dan hal ini akan berdapak baik pada usaha anda. Sedangkan contoh yang baik pada rekan kerja akan membuat partner tersebut percaya pada anda jika mereka akan melakukan investasi di perusahaan anda.
·         Sesuai akidah: sikap ini harus dimiliki dalam melakukan bisnis sehingga kita berbisnis tidak hanya ingin uang-uang dan uang. Namun juga memikirkan dampak kepada oranglain tentang keputusan kita, seorang entrepreneur yang baik adalah senantiasa peduli dengan lingkungannya.
d.    Pemilik jiwa enterpreneur adalah mereka yang selalu memandang kedepan, mempunyai visi dan bisa menerjemahkan dalam dunia nyata. Menjadikan kegagalan untuk terus berjuang untuk meraih yang diharapkan dan pantang menyerah.
Buakn masalah bakat atau bibit unuk enjadi entrepreneur namun lebih ditekankan pada pola pikir kita.
e.    Bagaimana melihat jiwa entrepreneur dalam diri kita?
·         Bukan dilihat dari cara bepakaian atau bicara, namun dapat dilihat dar detak jantung. Seorng entrepreneur memiliki detak jantung yang pada keadaan rilax detak jantung kita berdetak 70 kali dalam satu menit, namun jika dalam keadaan darurat maka akan berdetak lebih cepat, nah disini keistimewaan entrepreneur merka dapat dengan rilak menghadapi situasi seperti ino, sehingga detak jatung mereka tetap stabil.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar